Langsung ke konten utama

Prasangka dan Diskriminasi terhadap Warga Muslim di AS

Hampir setengah dari warga muslim di AS mengaku telah mengalami diskriminasi dalam setahun ke belakang, menurut studi Pew Research Center. Tiga-perempatnya mengatakan bahwa Presiden Donald Trump tidak bersahabat dengan mereka. Lain dengan studi yang dilakukan pada tahun 2011. Sebanyak 64% mengatakan bahwa Presiden Barack Obama sangat bersahabat dengan mereka. Bahkan Obama pernah mengatakan:

"Warga Muslim di AS sama patriotisnya sertaterintegrasi sebgaimana warga Amerika lainnya dan saya mengecam segala tindak Diskriminasi dan kekerasan terhadap warga Muslim di AS."



Tetapi setelah akhir masa jabatan Barack Obama, banyak warga muslim yang merasa khawatir dengan kepemimpinan Donald Trump. Donald Trump pernah tergabung dalam retorika anti-Muslim. Trump juga menyerukan larangan bagi warga Muslim untuk masuk ke AS dan mengusulkan pengawasan  ke masjid-masjid.


Para peneliti pernah mewawancarai 1.001 Muslim di AS melalui sambungan telepon. Mereka menyatakan bahwa responden yang dipilih merupakan sampel representatif. Setengah dari responden mengatakan hidup sebagai Muslin di AS telah menjadi semakin sulit, sedangkan 48% mengaku pernah mengalami diskriminasi dalam satu tahun belakangan.


Bentuk diskriminasi yang paling umum ialah dengan prasangka buruk (32% dari responden), diperlakukan secara khusus oleh petugas keamanan bandara (19%), disebut dengan nama panggilan yang mengina (18%), diperlakukan secara khusus oleh penegak hukum (10%), dan diancam secara fisik atau diserang (6%).

Perilaku tersebut membuat beberapa orang merasa tidak aman. Dan seorang pria imigran pernah berkata :

"Kami perlu ekstra hati-hati mengawasi sekeliling; menyadari tempat kami berada, siapa di sekitar, dan pandangan seperti apa yang mungkin mereka punya tentan Islam."

Diskriminasi terhadap warga Muslim di AS dilandasi oleh beragam faktor. Yang paling utama adalah mereka menganggap orang Islam itu adalah Teroris. Sebanyak 75% Muslim mengatakan itu tidak akan pernah bisa dibenarkan, sedangkan 59% masyarakat umum mengatakan hal yang sama.


Anggapan bahwa Muslim itu adalah Teroris karena Amerika memiliki sejarah kelam dengan tragedi 9/11 dimana kelompok Teroris Al-Qaeda yang dipimpin oleh Osama bin Laden mengaku bertanggung jawab atas tragedi yang mengancurkan menara kembar WTC dan mengakibatkan 2.977 orang tewas serta lebih dari 6.000 orang luka luka.

Opini penulis :

Dari artikel ini dapat dilihat bahwa masih banyak dari warga muslim yang tinggal di AS merasa dirinya tidak aman. Hal itu disebabkan oleh banyaknya prasangka buruk dan tindakan diskriminasi terhadap warga muslim di AS. Pada dasarnya mereka sama dengan warga AS lainnya. Mereka mendapat tindakan diskriminasi karena mereka menganut kepercayaan yang berbeda. Hal ini merupakan hal yang tidak terpuji. Karena sesungguhnya Tuhan tidak pernah mengizinkan setiap makhluk ciptaannya menindas satu sama lain. Oleh karena itu, kita hanya dapat berharap agar Presiden AS yang selanjutkan dapat menciptakan ketenangan dan ketentraman bagi seluruh penduduk AS dan tidak ada lagi kasus prasangka serta diskrimnasi terhadap sesama manusia.



Daftar Pustaka:

http://www.bbc.com/indonesia/dunia-40737491
https://www.voaindonesia.com/a/obama-kecam-diskriminasi-terhadap-warga-muslim-di-amerika/3430062.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Serangan_11_September_2001
Image

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instruction Cycle (Siklus Instruksi) dalam Operasi Mikro

Instruction Cycle (Siklus Instruksi) Karena set instruksi dari suatu CPU memiliki bermacam mode pengalamatan dan format operand, maka unit control bertanggung jawab untuk menjaga semua kemungkinan pada setiang tingkat dalam siklus instruksi. Setiap fase siklus instruksi dapat diuraikan menjadi operasi mikro elementer. Ada empat buah kode siklus instruksi (ICC). ICC menandai status CPU dalam hal berbagai tempat siklus tersebut berada. Berikut adalah 4 (empat) kode siklus instruksi atau Instruction Code Cycle (ICC): ·        00         : Fetch Ø ·        01         :Indirect Ø ·        10         :Execute Ø ·        11         :Interrupt Ø Ada 4 (Empat) Register dalam Fetch Cycle, antara lain: 1.     Memory Address Register (MAR) ·        Terkoneksi dengan bus alamat (Address Bus). ·        MAR melakukan spesifikasi alamat untuk operasi baca (read) dan tulis (write). 2.      Memory Buffer Register (MBR) ·        Terkoneksi denga

Operasi Unit Kendali

Operasi Unit Kendali Materi yang Akan dibahas: •          Apa Pengertian Operasi Unit Kendali? •          Apa Fungsi Operasi Unit Kendali? •          Apa Jenis-Jenis Unit Kendali? •          Apa itu Operasi Mikro? •          Apa itu Kendali Prosesor? •          Apa itu Kendali Mikroprogrammed? Definisi Operasi Unit Kendali Adalah bagian dari sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan komputer.  Control Unit  juga mengatur kapan alat input menerima data, mengolah, dan menampilkan proses serta hasil pengolahan data. Dengan demikian semua perintah dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya. Diagram Dasar Unit Kendali   Fungsi Operasi Unit Kendali Tugas Dasar Operasi Unit Kendali: 1. Pengurutan  (Sequencing) Unit Kontrol menyebabkan prosesor menuju sejumlah operasi mikro dalam urutan yang benar, yang didasarkan pada program yang sedang diek

Optimasi Query

Optimasi Query Pre-Test Optimasi Query Apa yang Anda ketahui tentang Optimasi Query ? Apa yang Anda ketahui tentang SQL Tuning ? Jawab : Optimasi Query adalah suatu proses untuk menganalisa query  dan memilih cara yang paling efisien untuk melakukan eksekusi pada statement  di SQL. Optimasi Query  juga merupakan prosedur untuk meningkatkan strategi evaluasi dari suatu query  yang digunakan untuk membuat query  menjadi efektif. SQL Tuning adalah aktifitas yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja dari database. SQL Tuning juga merupakan sebuah proses Optimasi Query  dengan cara mengubah perintah atau statement  pada SQL serta menentukan Teknik Indexing  agar SQL bekerja secara Optimal. Post-Test Optimasi Query Menurut Anda Pentingkah Melakukan Optimasi Query dalam Manajemen Database? Buat Ringkasan dari Materi SQL Tuning atau Optimasi Query ! Buat Kesimpulan dari Materi SQL Tuning atau Optimasi Query ! Jawab : Jumlah data d