Langsung ke konten utama

REINKARNASI. NYATA ATAU TIDAK !?

Sebelum masuk ke topic utama, apakah kalian tahu tentang Reinkarnasi? Jika belum, maka saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu Reinkarnasi.


Tahukah Anda? Bahwa 25% orang di Amerika Percaya dengan adanya Reinkarnasi, dan satu dari sepuluh orang yang mengaku bereinkarnasi memiliki ingatan tentang pegalaman dengan kehidupannya dimasa lampau. 
            Reinkarnasi adalah peristiwa dimana orang yang sudah mati dimasa lampau dapat hidup kembali dengan cara terlahir kembali.

TEORI REINKARNASI

Reinkarnasi bukanlah hal yang berdiri sendiri. Namun ada kepercayaan mengenai Hukum Sebab-Akibat (Hukum Newton 3) atau karma dan kepercayaan mengenai berbagai alam kehidupan selain alam manusia.





Hukum Sebab-Akibat yang bersumber dari pikiran, ucapan, perbuatan akan menentukan jalur kehidupan selanjutnya. Sedangkan adanya berbagai alam lain (Surga, Neraka, Peta, Asura, Hewan, Brahma, Manusia) adalah penanda bahwa seluruh makhluk hidup itu tidak kekal, melakukan karma, menciptakan sebab-akibat, adanya kelahiran dan kematian. Terus berulang tanpa ada awal dan akhir. Kita dapat ditempatkan di alam yang tidak kita ketahui. Semua itu tergantung perbuatan kita didunia. Karma kehidupan sebelumnya adalah energy atau bahan bakarnya.

REINKARNASI MENURUT KEYAKINAN AGAMA

1. HINDU

Orang yang beragama Hindu percaya akan adanya Reinkarnasi. Hal ini disebut Punarbawa atau Samsara. Jiwa atau Atma kita terikat dengan dunia fisik karena karma kita terdahulu. Selama Karma masih terikat pada Jiwa dan Atma, maka siklus Reinkarnasi akan terus berjalan. Kecuali hokum karmanya sudah habis, maka Jiwa atau Atma akan menyatu dengan Brahman ini yang disebut Moksa.

2. BUDHA

Budha mengajarkan konsep Terlahir Kembali (Rebirth) berbeda dengan konsep Reinkarnasi. Karena didalam ajaran Budha, roh/jiwa yang enyatakan kesejatiandiri tidak ber-transmigrasi begitu saja dari satu tubuh, setelah kematian, kedalam tubuh baru pada kelahiran berikutnya.

Dalam pandanga Budha Dhamma adalah hanya merupakan perpaduan dari Panca Khandha (Lima Kelompok) yang saling bekerja sama secara erat satu sama lain. Tidak ditemukan suatu roh yang kekal dan abadi.

Berikut adalah Panca Khandha yang dimaksud:
  1. Rupakkhandha (Kelompok Kemelekatan Bentuk)
  2. Vendanakkhanda (Kelompok Kemelekatan Perasaan)
  3. Sannakkhandha (Kelompok Kemelekatan Pencerapan)
  4. Sankharakkhanda (Kelompok Kemelekatan Bentuk-Bentuk Pikiran)
  5. Vinnanakkhandha (Kelompok Kemelekatan Kesadaran

Intinya, Agama Hindu dan Budha mengajarkan mengenai Karma sebagai Hukum Sebab-Akibat. Namun menurut ajaran Budha, tidak semua Karma terbawa kedalam kehidupan yang berikutnya. Tetapi hanya dampak yang melampaui masa hidup terdahulu saja yang berpengaruh menentukan bentuk kelahiran berikutnya.

Dalam ajaran Tao juga didapati mengeenai Reinkarnasi yang berbeda dengan konsep ajaran Hindu dan Budha. Menurut Tao, Reinkarnasi tak lain adalah wujud keberadaan tanpa batas, suatu kesinambungan. yang tidak dimulai dengan kelahiran tidak berakhir dengan kematian.







3. KRISTEN

Kristus mengajarkan mengenai kelahiran kembali, tetapi bukan dalam tubuh yang lain, bukan juga pada kehidupan masa yang lain. Kelahiran kembali yang diajarkan adalah hidup sebagai manusia baru yang beriman kepada Tuhan dalam tubuh yang sama dan dalam kehidupan masa yang sama.

Agama Nasrani pada dasarnya tidak mengenal Reinkarnasi, hanya sekali saja kehidupan untuk setiap orang. Namun tidak tidak semua penganut agama Nasrani menolak terjadinya Reinkarnasi. Ada sekte-sekte Gereja yang percaya bahwa Renkarnasi itu ada dan bahwa bagi Tuhan hal  itu adalah mungkin.




4. ISLAM

Mungkin banyak orang mulim yang tidak percaya dengan adanya Reinkarnasi. Bahkan pandangan tentang Reinkarnasi dianggap Sesat. Hal ini dapat dimengerti karena Reinkarnasi tidak dijelaskan secara Eksplisit di dalam Alquran.

Tetapi Reinkarnasi itu ayat Mutasyabihat. Kelahiran kembali itu diungkapkan dalam Alquran secara tersamar. Ayat-ayatnya harus dipikirkan matang-matang agar tidak terjerumus pada penafsiran yang menyimpang.


Berikut adalah arti ayat yang menyampaikan Reinkarnasi

QS 16:70 - "Allah menciptakan kamu. Kemudian, Allah mewafatkan kamu (mengakhiri hidupmu di Bumi ini), dan diantara kamu ada yang dikembalkan pada umur yang paling lemah, agar dia tidak mengetahui sesuatu pun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan Mahakuasa."


QS 16:77 - "Dan kepunyaan Allah lah segala yang gaib di langit maupun di bumi. Dan, tidaklah perintah kebangkitan itu selain sekejap mata atau lebih cepat. Sesungguhnya Allah Mahakuasa atas sesuatu."

QS 16:78 - "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun. Dan, dia memberimu pendengaran, pengelihatan, dan fuad agar kamu dapat bersyukur."

QS 36:68 - "Dan barang siapa yang Kami panjangkan hidupnya niscaya Kami kebalikan pada kejadiannya. Apakah mereka itu tidak memikirkannya?."
(Apa arti dikembalikan pada kejadian? bukankah kejadian manusia itu berawal dari seorang bayi?)



ARTIKEL INI TIDAK MEMAKSA ANDA UNTUK PERCAYA. JIKALAU ADA KESALAHAN MAKA ITU DATANG DARI DIRI SAYA. KARENA SESUNGGUHNYA TIDAK ADA MAKHLUK TUHAN YANG SEMPURNA

Ya, Sekian dulu pembahasan Reinkarnasi. Mungkin saya akan melajutkannya (jika tidak malas hehe).











Daftar pustaka:
 https://www.kaskus.co.id/thread/581237169e7404760e8b4567











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instruction Cycle (Siklus Instruksi) dalam Operasi Mikro

Instruction Cycle (Siklus Instruksi) Karena set instruksi dari suatu CPU memiliki bermacam mode pengalamatan dan format operand, maka unit control bertanggung jawab untuk menjaga semua kemungkinan pada setiang tingkat dalam siklus instruksi. Setiap fase siklus instruksi dapat diuraikan menjadi operasi mikro elementer. Ada empat buah kode siklus instruksi (ICC). ICC menandai status CPU dalam hal berbagai tempat siklus tersebut berada. Berikut adalah 4 (empat) kode siklus instruksi atau Instruction Code Cycle (ICC): ·        00         : Fetch Ø ·        01         :Indirect Ø ·        10         :Execute Ø ·        11         :Interrupt Ø Ada 4 (Empat) Register dalam Fetch Cycle, antara lain: 1.     Memory Address Register (MAR) ·        Terkoneksi dengan bus alamat (Address Bus). ·        MAR melakukan spesifikasi alamat untuk operasi baca (read) dan tulis (write). 2.      Memory Buffer Register (MBR) ·        Terkoneksi denga

Operasi Unit Kendali

Operasi Unit Kendali Materi yang Akan dibahas: •          Apa Pengertian Operasi Unit Kendali? •          Apa Fungsi Operasi Unit Kendali? •          Apa Jenis-Jenis Unit Kendali? •          Apa itu Operasi Mikro? •          Apa itu Kendali Prosesor? •          Apa itu Kendali Mikroprogrammed? Definisi Operasi Unit Kendali Adalah bagian dari sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan komputer.  Control Unit  juga mengatur kapan alat input menerima data, mengolah, dan menampilkan proses serta hasil pengolahan data. Dengan demikian semua perintah dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya. Diagram Dasar Unit Kendali   Fungsi Operasi Unit Kendali Tugas Dasar Operasi Unit Kendali: 1. Pengurutan  (Sequencing) Unit Kontrol menyebabkan prosesor menuju sejumlah operasi mikro dalam urutan yang benar, yang didasarkan pada program yang sedang diek

Optimasi Query

Optimasi Query Pre-Test Optimasi Query Apa yang Anda ketahui tentang Optimasi Query ? Apa yang Anda ketahui tentang SQL Tuning ? Jawab : Optimasi Query adalah suatu proses untuk menganalisa query  dan memilih cara yang paling efisien untuk melakukan eksekusi pada statement  di SQL. Optimasi Query  juga merupakan prosedur untuk meningkatkan strategi evaluasi dari suatu query  yang digunakan untuk membuat query  menjadi efektif. SQL Tuning adalah aktifitas yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja dari database. SQL Tuning juga merupakan sebuah proses Optimasi Query  dengan cara mengubah perintah atau statement  pada SQL serta menentukan Teknik Indexing  agar SQL bekerja secara Optimal. Post-Test Optimasi Query Menurut Anda Pentingkah Melakukan Optimasi Query dalam Manajemen Database? Buat Ringkasan dari Materi SQL Tuning atau Optimasi Query ! Buat Kesimpulan dari Materi SQL Tuning atau Optimasi Query ! Jawab : Jumlah data d