Langsung ke konten utama

Indonesia


Hasil gambar untuk indonesia flag






Indonesia adalah sebuah negara yang terletak di wilayah Asia Tenggara. Indonesia merupakan salah satu negara yang dilintasi oleh garis Khatulistiwa. Selain itu, Indonesia juga merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pulau di dalamnya. Indonesia juga salah satu negara yang dilewati oleh Ring of Fire Pasific. Indonesia juga memiliki banyak suku dan adat, yang berarti Indonesia memiliki banyak keanekaragaman maka dari itu sangatlah wajar jika Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia.
Indonesia physical vector Map

Secara Geografis, Indonesia terletak diantara dua benua, Asia dan Australia, dan di antara dua Samudra, Pasifik dan Hindia. Indonesia berbatasan langsung dengan Timor Leste di bagian Selatan, Malaysia dan Singapore di bagian Utara, dan Papua Nugini di bagian Timur. Maka dari itu, Indonesia merupakan negara dengan letak yang sangat strategis. Secara Astronomis, Indonesia terletak antara 6oLU (Lintang Utara) – 11oLS(Lintang Selatan) dan antara 95oBT(Bujur Timur)-141o(Bujur Timur). 

Sebagai salah satu negara yang dilalui oleh garis Khatulistiwa, maka dari itu Indonesia hanya memiliki dua musim saja, yaitu Musim Panas dan Musim Hujan. Dari hal ini dapat dikatakan bahwa Indonesia merupakan negara yang beriklim Tropis. Karena itu  Indonesia diuntungkan dengan banyaknya jenis tumbuhan yang dapat hidup dan kegiatan ekonomi di Indonesia dapat terus berlangsung sepanjang tahun karena hanya ada 2 musim.

Hasil gambar untuk indonesia map



Indonesia merupakan negara Kepulauan karena Indonesia memiliki 17.504 pulau dimana 16.056 pulau telah dibakukan namanya di PBB hingga Juli 2017. Kebanyakan pulau di Indonesia merupakan kepulauan kecil, karena hanya terdapat Lima pulau besar di Indonesia, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. 


Hasil gambar untuk indonesia map



              Ring of Fire Pasific atau Cincin Api Pasifik adalah daerah yang sering mengalami Gempa Bumi dan Letusan Gunung Berapi yang mengelilingi cekungan pasifik. Dan Indonesia meruapakan salah satu yang dilalui oleh Cicin Api Pasifik yang berarti Gempa Bumi dan Letusan Gunung Berapi sering terjadi di Indonesia. Benar saja, Karena Indonesia memiliki 127 Gunung Api Aktif dan 18 diantaranya memiliki aktifitas diatas normal. Tetapi hal ini juga dapat berdampak baik karena dengan banyaknya Gunung Berapi di Indonesia, jadi Indonesia memiliki kondisi tanah yang sangat subur.

Hasil gambar untuk suku di indonesia

               Indonesia memiliki 300 Kelompok Etnik dan 1.340 suku menurut BPS tahun 2010. Dengan suku Jawa yang memiliki jumlah 41% dari populasi. Hal ini sangat unik, karena berarti Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah Suku yang terbanyak. Populasi di Indonesia juga meruapakan salah satu yang terbanyak di dunia dengan jumlah penduduk 258.704.900 jiwa menurut data statistik 2017 dengan jumlah penduduk terbanyak berada di pulau Jawa dengan 56.6% dan provinsi Jawa Barat dengan 18.3%. Oleh karena itu, Indonesia berada diurutan keempat dalam populasi terbanyak di dunia.

Ditulis Oleh Fadly Muhammad Irvan

Daftar Pustaka:
Akhsin Naim, Hendri.2011.Sensus Penduduk 2010. Badan Pusat Statistik. ISBN 9789790644175.
Dickson.Tanpa Tahun.”Jumlah Penduduk Indonesia(diurutkan berdasarkan Provinsi). https://ilmupengetahuanumum.com/jumlah-penduduk-indonesia/.
Kuoni.1999.Far East, A World of Difference.Hal 88.Kuoni Travel & JPM Publications.
Kuoni - Far East, A world of difference. Page 88. Published 1999 by Kuoni Travel & JPM Publications
Prasetya, Eko.2017.”Dari 17.504 Pulau di Indonesia, 16.056 telah diverifikasi PBB”. https://www.merdeka.com/peristiwa/dari-17504-pulau-di-indonesia-16056-telah-diverifikasi-pbb.html.
Putro Jati, Gentur.2017.”Daftar Gunung Berapi di Indonesia yang Berisiko Dikunjungi”. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170704134147-269-225647/daftar-gunung-berapi-di-indonesia-yang-berisiko-dikunjungi.
Tumutou.2017.”Jumlah Suku di Indonesia, Daftar Suku Terbesar”. https://tumoutounews.com/2017/11/07/data-terakhir-jumlah-suku-di-indonesia-tahun-2017/.
Wikipedia.2018.”Daftar negara menurut jumlah penduduk”. https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_negara_menurut_jumlah_penduduk#Referensi.
Tugas Bahasa Indonesia 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instruction Cycle (Siklus Instruksi) dalam Operasi Mikro

Instruction Cycle (Siklus Instruksi) Karena set instruksi dari suatu CPU memiliki bermacam mode pengalamatan dan format operand, maka unit control bertanggung jawab untuk menjaga semua kemungkinan pada setiang tingkat dalam siklus instruksi. Setiap fase siklus instruksi dapat diuraikan menjadi operasi mikro elementer. Ada empat buah kode siklus instruksi (ICC). ICC menandai status CPU dalam hal berbagai tempat siklus tersebut berada. Berikut adalah 4 (empat) kode siklus instruksi atau Instruction Code Cycle (ICC): ·        00         : Fetch Ø ·        01         :Indirect Ø ·        10         :Execute Ø ·        11         :Interrupt Ø Ada 4 (Empat) Register dalam Fetch Cycle, antara lain: 1.     Memory Address Register (MAR) ·        Terkoneksi dengan bus alamat (Address Bus). ·        MAR melakukan spesifikasi alamat untuk operasi baca (read) dan tulis (write). 2.      Memory Buffer Register (MBR) ·        Terkoneksi denga

Operasi Unit Kendali

Operasi Unit Kendali Materi yang Akan dibahas: •          Apa Pengertian Operasi Unit Kendali? •          Apa Fungsi Operasi Unit Kendali? •          Apa Jenis-Jenis Unit Kendali? •          Apa itu Operasi Mikro? •          Apa itu Kendali Prosesor? •          Apa itu Kendali Mikroprogrammed? Definisi Operasi Unit Kendali Adalah bagian dari sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan komputer.  Control Unit  juga mengatur kapan alat input menerima data, mengolah, dan menampilkan proses serta hasil pengolahan data. Dengan demikian semua perintah dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya. Diagram Dasar Unit Kendali   Fungsi Operasi Unit Kendali Tugas Dasar Operasi Unit Kendali: 1. Pengurutan  (Sequencing) Unit Kontrol menyebabkan prosesor menuju sejumlah operasi mikro dalam urutan yang benar, yang didasarkan pada program yang sedang diek

Optimasi Query

Optimasi Query Pre-Test Optimasi Query Apa yang Anda ketahui tentang Optimasi Query ? Apa yang Anda ketahui tentang SQL Tuning ? Jawab : Optimasi Query adalah suatu proses untuk menganalisa query  dan memilih cara yang paling efisien untuk melakukan eksekusi pada statement  di SQL. Optimasi Query  juga merupakan prosedur untuk meningkatkan strategi evaluasi dari suatu query  yang digunakan untuk membuat query  menjadi efektif. SQL Tuning adalah aktifitas yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja dari database. SQL Tuning juga merupakan sebuah proses Optimasi Query  dengan cara mengubah perintah atau statement  pada SQL serta menentukan Teknik Indexing  agar SQL bekerja secara Optimal. Post-Test Optimasi Query Menurut Anda Pentingkah Melakukan Optimasi Query dalam Manajemen Database? Buat Ringkasan dari Materi SQL Tuning atau Optimasi Query ! Buat Kesimpulan dari Materi SQL Tuning atau Optimasi Query ! Jawab : Jumlah data d